Merakit Sebuah PC ( Personal Computer )

Modul 1 : Merakit Sebuah PC ( Personal Computer )

Tujuan : – Sebagai salah satu tugas yang disyaratkan dalam UAS

–  Agar kita dapat memahami dan melakukan perakitan komputer sendiri

Cara Perakitan PC ( Personal Computer ) :

Sebelum merakit sebuah PC pastikan pertalatan yang dibutuhkan sudah tersedia, Peralatan yang dibutuhkan adalah sebagai berikut : Obeng, tang, AVO meter (bila ada), solder, timah solder, isolasi, tali pengikat kabel dan buki catatan. Solder maupun AVO meter jarang dipakai apabila mempergunakan komponen yang masih baik. Pengukuran arus dan tegangan listrik hanya dilakukan apabila komponen yang dipergunakan adalah komponen bekas yang anda tidak mengetahui apakah masih baik atau tidak. Sebaiknya tidak menggunakan AVO meter pada motherboard apabila motherboard masih baik, karena anda tidak tahu titik-titik mana yang merupakan titik ukur. Kecerobohan dalam hal ini bisa menimbulkan akibat fatal. Apabila anda mempergunakan komponen baru, anda tidak perlu melakukan pengukuran arus dan tegangan dengan AVO meter. AVO meter mungkin perlu dipergunakan hanya untuk mengetahui tegangan listrik di rumah anda saja. Bila anda sudah mengetahui lihatlah di bagian power suply komputer (terdapat di dalam cahing/kotak komputernya) apakah sudah diatur pada skala tegangan yang sesuai dengan tegangan listrik di tempat anda atau belum. Bila type power suply-nya tergolong type otomatik anda tidak perlu hawatir. Apabila power suplynya tergolong semi otomatik, kemungkinan anda harus memindahkan posisi saklar pengatur tegangan ke posisi tegangan yang sesuai dengan tegangan listrik di tempat anda.


Langkah-langkah dalam merakit personal komputer :

A.   Persiapan Komponen dan Perlengkapan

Komponen komputer beserta perlengkapan untuk perakitan dipersiapkan untuk perakitan dipersiapkan lebih dulu untuk memudahkan perakitan. Perlengkapan yang disiapkan terdiri dari:

  • Komponen komputer
  • Kelengkapan komponen seperti kabel, sekerup, jumper, baut dan sebagainya
  • Buku manual dan referensi dari komponen
  • Alat bantu berupa obeng pipih dan philips

Software sistem operasi, device driver dan program aplikasi.

1

Buku manual diperlukan sebagai rujukan untuk mengetahui diagram posisi dari elemen koneksi (konektor, port, dan slot) dan elemen konfigurasi (jumper dan switch) beserta cara setting jumper dan switch yang sesuai untuk komputer yang dirakit. Diskette atau CD Software diperlukan untuk menginstal sistem operasi, device driver dari piranti, dan program aplikasi pada komputer yang selesai dirakit.

B.   Pengamanan

Tindakan pengamanan diperlukan untuk menghindari masalah seperti kerusakan komponen oleh muatan listrik statis, jatuh, panas berlebihan atau tumpahan cairan. Pencegahan kerusakan karena listrik statis dengan cara:

  • Menggunakan gelang anti statis atau menyentuh permukaan logam pada casing sebelum memegang komponen untuk membuang muatan statis.
  • Tidak menyentuh langsung komponen elektronik, konektor atau jalur rangkaian tetapi memegang pada badan logam atau plastik yang terdapat pada komponen.

2

C.   Perakitan

1. Persiapkan motherboard dan letakkan di tempat yang aman. Siapkan juga buku manual dari masing-masing komponen PC. Baut motherboard dengan papan casing, sehingga akan lebih kuat dan aman.

3

Gambar. Motherboard

2. Memasang Processor

Temukan socket processor pada motherboard anda. Lepaskan besi pengait dan buka “penutup socketnya” (hanya terdapat pada socket type LGA) Disini saya merakit menggunakan Motherboard socket 478, Processor Intel Pentium 4 socket 478, 2 keping memory DDR, VGA AGP, Hard disk SATA dan DVD-RW IDE. Bila spek hardware anda lebih tinggi atau berbeda, pada dasarnya tetap sama.

 4

Pemasangan tidak jauh berbeda dengan socket Core 2 Duo dan dual core Socket LGA 775, AMD Slot A / Socket A, Socket AM2 CPU, Intel Core i3, i5, i7 dll. Intinya pertemukan potongan sudut pada processor dengan potongan sudut yang terdapat pada socket motherboard, seperti sudut yang dilingkari pada contoh gambar processor intel type LGA dibawah ini.

5

Gambar. Processor

Seharusnya processor akan dengan mudah dan pas masuk ke socket motherboard, jika dalam pemasangan posisi processor tidak pas atau miring berarti anda memasangnya dengan terbalik, atau kurang pas. Apabila sudah selesai kunci socketnya melalui pengait yang disediakan.

Lanjutkan dengan memasang fan dan heatsink diatas processor, tekan hingga pengait pada fan heatsink tertanam dengan baik ke motherboard. Untuk type LGA jangan lupa memutar pengunci fan heatsinknya. Berikutnya hubungkan konektor kabel fan processor ke motherboard, di motherboard biasanya bertuliskan CPU Fan.

6

Gambar. Pemasangan Processor

3. Pemasangan memori RAM pada tempatnya dengan baik, perhatikan sudut memori yang biasanya berlekuk harus ditempatkan secara hati-hati pada tempatnya. Apabila anda terbalik saat memasang, maka memori akan sulit dimasukan. Pada dudukan memori di motherboard memiliki pengunci yang akan bergerak mengunci bersamaan saat memori ditekan di ujung yang satu dengan ujung yang lainnya.

 7

Gambar. Pemasangan RAM

4. Memasukan motherboard ke dalam cashing (kotak komputer), kaitkanlah penngait plastik yang biasa disediakan oleh pabrik cashing, ke dalam lubang yang terdapat pada motherboard. Pada sudut yang memungkinkan anda tempatkan baut, bautlah motherboard pada cashing untuk menghindari terjadinya pergeseran motherboard pada waktu anda memindah-mindahkan CPU nantinya. Sebaiknya hati-hati dalam memasang.

 8

Gambar. Memasukkan motherboard dalam cashing

5. Pasanglah hard disk, floppy drive pada tempat yang telah tersedia dalam cashing CPU, kencangkan dudukannya dengan baut secara hati-hati. Bila ada CD ROM drive, pasangkan dan kencangkan dengan hati-hati juga.

9

Gambar. Pemasangan Kabel dan Jumper

 10

Gambar. Pemasangang Harddisk, Disk Drive dan CD ROM pada cashing

6. Sambungkan kabel daro power suplly ke slot yang terdapat di hard disk, flopy drive dan CD ROM drive.

 11

Gambar. Pemasangan kabel power pada Hard disk, Disk Drive dan CD ROM

7. Sambungkanlah kabel pita (kabel data) pada dudukan hard disk, flopy drive dan CD ROM drive.

12

Gambar. Pemasangan Kabel Data

8. Pasanglah VGA card pada slotnya, bila anda memiliki card dari jenis ISA , anda harus menempatkan card tersebut pada ISA slot bus di motherboard. Bila anda memiliki jenis PCI, anda harus memasangkan pada slot PCI di motherboard. Tetapi bila onboard, anda tinggal mengatur saja dalam BIOS.

13

Gambar. Pemasangan VGA Card pada motherboard

9. Pasangan expansion card tambahan pada PCI maupun ISA. Expansion card berupa LAN card, sound card, TV tunner card, video capture dan lain-lain. Setelah itu kencangkan dengan baut dudukan cashing PC.

14

Gambar. Mengencangkan Espansion Card pada Cashing

10. Hubungkan konektor kabel penghubung tombol “Reset” ke pin “Reset” yang terdapat pada mainboard. Speaker ke pin speaker.

15

Gambar. Memasang Tombol-tombol Cashing

11. Pasangkanlah kabel data dari monitor ke slot yang terdapat di card VGA, perhatikan konektornya memiliki 3 deretan kaki yang tersusun rapi, dengan konektor berbentuk trapesium.

12. Pasangkan konektor keyboard ke slot keyboard, dan perangkat lainnya.

16

Gambar. Terminal untuk I/O Motherboard

13. Pasangkan kabel listrik (power) dari layar monitor ke slot power yang terdapat di bagian belakang power suply yang telah terpasang pada cashing CPU. Dan kabel yang lainnya. Sekarang anda telah merakit sebuat PC ( Personal Computer) tetapi anda belum bisa menggunakannya. Anda masih harus mengatur program BIOS, dan memasang (menginstall) program sistem operasi dan program aplikasi kedalam hard disknya.

14. Demikian modul perakitan komputer, selamat mencoba…….

Sumber :

http://www.nanrancak.com/cara-merakit-komputer-disertai-gambar/

http://rahman-ciblog.blogspot.com/2013/03/cara-merakit-komputer-lengkap-dengan.html

http://google.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s